e-Commerce
q Kelebihan e-Commerce
ü Dapat meningkatkan hubungan atau relasinya dengan konsumen secara langsung,
ü Mengurangi biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen konsumen.
ü Mengurangi waktu menunggu (idle time) karena baik barang baku maupun barang jadi memiliki waktu lebih cepat.
¨ kekurangan e-Commerce
ü kurang bagus dengan spesifikasi maka pihak pembeli masih bisa mengajukan Menggunakan internet yang tidak mungkin di akses di seluruh kota khusunya daerah pedalaman.
ü Penjelasan mengenai item hanya sedikit hanya meliputi dasar-dasar item tersebut.
ü Tampilan webnya sangat monoton.
ü Barang yang di jual tidak di tampilkan seluruhnya.
ü Jika item yang di jual komplain.
E-business
¨ Kelebihan E-business
ü tidak Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
ü Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
ü Menurunkan biaya operasional (operating cost).
ü Melebarkan jangkauan (global reach).
ü Meningkatkan customer loyality.
ü Memperpendek waktu produksi.
ü Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
¨ Kekurangan E-Businnes
ü Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
ü Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
ü Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
ü Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
ü Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik..
Tujuan e-Business dan e-Commerce
¨ Tujuan e-Business dan e-Commerce adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data sumber daya manusia, keuangan, Supply Chain Management/Logistic Management. Selain itu berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi publik. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan
Manfaat e-Business dan e-Commerce
¨ Meningkatkan kinerja operasional perusahaan.
ü Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang sangat luas.
ü Meningkatkan efisiensi perusahaan.
ü Mempermudah pengelolaan asset perusahaan.
ü Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.
ü Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholders.
ü Mengatasi kesenjangan digital.
ü Media mempromosikan kompetensi perusahaan.
ü Memperlancar transaksi bisnis.
ü Sarana penyebaran informasi secara luas.
CONVERSATION
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Baguss banget zii
BalasHapusBaguss banget zii
BalasHapusmakasih iam :)
BalasHapuswah baru tau nih... makasih ya kakak 😊
BalasHapusmakasih infonya dek
BalasHapusSama-sama mamii 👍
Hapusmangats kaka zilaaaa 😚😚😚
BalasHapussemangat zila
BalasHapusmantap ya
BalasHapusapa ini ?
BalasHapus